Mengunjungi Kota Amsterdam

Ketika memutuskan akan melancong ke Benua Eropa, saya merasa berkewajiban untuk singgah di Negara Belanda. Entah dikarenakan sejarah hubungan Indonesia dan Belanda atau cerita tentang Negeri Belanda yang dituturkan oleh nenek saya semenjak kecil. Namun saya merasa Belanda merupakan negara yang menarik untuk disinggahi. Pilihan pertama saya tentunya Amsterdam, ibukota Belanda yang terletak tidak jauh dari Bandar Udara Schipol, merupakan kota dengan penduduk terbanyak di Belanda. Kota Amsterdam ini memiliki kanal yang mengelilingi kota dengan panjang lebih dari 100 kilometer. Kanal ini bisa disusuri oleh wisatawan ataupun penduduk lokal dengan kapal kecil. Bahkan di sepanjang kanal, kita dapat melihat berbagai rumah perahu yang ditempati oleh penduduk lokal, ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Amsterdam merupakan kota metropolitan yang menjadi tempat berbagai atraksi seni dan budaya seperti kegiatan seni dan musik yang selalu ada di kota ini. Amsterdam juga menjadi tempat berbelanja yang menarik selama anda mengunjungi Belanda. Di kota ini banyak terdapat toko-toko yang menjual merek-merek internasional maupun lokal. Anda dapat mengunjungi department store untuk mendapatkan barang berkelas namun di kota ini juga terdapat berbagai pasar terbuka yang menjual barang kebutuhan sehari-hari. Namun tidak seperti Jakarta dimana pusat perbelanjaan buka setiap hari dari pagi hingga malam hari, di Amsterdam toko dan pusat perbelanjaan buka hingga sore hari bahkan tutup di akhir pekan.

Bangunan di kota ini memiliki gaya arsitektur yang bersejarah. Berbagai bangunan yang memiliki sejarah arsitektur sejak masa Renaissance tetap dipertahankan dan dijaga kelestariannya. Amsterdam juga merupakan kota yang memiliki tingkat kebudayaan yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya museum. Bagi anda yang menyukai kunjungan museum, datanglah ke kawasan Museumplein yang terletak di sisi barat daya dari Rijkmuseum. Di kawasan ini terdapat tiga museum utama yaitu; Rijkmuseum, Van Gogh Museum dan Stedelijk Museum.