Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Dehumidifier di Rumah

gambar tersebut menyebutkan tentang fungsi dehumidifier gambar tersebut menyebutkan tentang fungsi dehumidifier

Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Dehumidifier di Rumah

Menjaga keseimbangan tingkat kelembapan di dalam rumah sangat penting bagi kenyamanan dan kesehatan seluruh penghuni rumah. Untuk membantu Anda mengontrol kelembapan dan membatasi perkembangan bakteri berbahaya di dalam rumah, Anda bisa menggunakan dehumidifier.

Fungsi dehumidifier adalah memurnikan udara dan menghilangkan kelembapan berlebih, sehingga mengurangi kemungkinan jamur, bakteri, dan partikel debu lainnya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan untuk tumbuh, berkembang biak dan menetap.

Tanda-tanda rumah Anda memiliki kadar kelembapan di atas normal

  • Anda melihat bercak-bercak basah atau lembap di dinding dan langit-langit.
  • Ruangan atau udara di dalam ruangan terasa
  • Kondensasi pada permukaan bagian dalam jendela
  • Rumah Anda berbau apak atau bau rumah tua.
  • Dinding dan permukaan furnitur Anda terlihat berair atau lembap ketika disentuh.

Apa itu dehumidifier?

Dehumidifier adalah peralatan elektronik yang memiliki banyak manfaat bagi rumah dan kesehatan Anda dan keluarga. Dengan menggunakan dehumidifier, Anda bisa menurunkan tingkat kelembapan di rumah dan melindungi rumah beserta orang yang Anda cintai di dalamnya.

Berikut adalah alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan dehumidifier di rumah:

  1. Mencegah tumbuhnya jamur

Jamur adalah salah satu indikasi bahwa tingkat kelembapan udara di rumah Anda tinggi. Tidak hanya merusak furnitur, jamur yang menempel pada dinding juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi penghuni rumah.

Jamur melepaskan spora dan zat aktif biologis yang disebut mikotoksin. Karena memiliki ukuran sekecil spora, bahkan bisa lebih kecil, mikotoksin atau zat beracun yang menyebar di udara ini mudah terhirup oleh penghuni rumah dan menyebabkan reaksi alergi. Gejala alergi jamur yang dapat Anda kenali adalah: iritasi mata dan saluran pernapasan bagian atas, ruam kulit, sakit tenggorokan atau batuk, sakit kepala, kelelahan, dan serangan asma.

Jika kelembapan udara di dalam ruangan lebih dari 50% - 60%, jamur akan mudah berkembang biak. Untuk menjaga kelembapan udara tetap ideal, kita dapat menggunakan dehumidifier.

  1. Memperbaiki kualitas udara

Kualitas udara tidak hanya ditentukan oleh pencemaran udara oleh racun, tetapi juga oleh tingkat kelembapan. Meskipun Anda memiliki pembersih udara dan tanaman yang membantu meningkatkan kualitas udara, solusi terbaik untuk menghilangkan kelembapan di rumah Anda adalah dengan menggunakan dehumidifier. Alat ini menyegarkan, memurnikan, dan menghilangkan kelembapan pada saat yang bersamaan.

  1. Menghilangkan tungau debu

Selain menghilangkan tingkat kelembapan yang berlebih, dehumidifier juga membasmi tungau debu. Tungau adalah parasit mikroskopis yang tidak bisa terlihat oleh mata telanjang dan biasanya ditemukan di bagian rumah yang berdebu.

Tungau debu dapat menyebabkan gejala alergi dan asma, dan lingkungan yang lembap dan hangat mendukung perkembangannya. Dehumidifier membantu menjaga tingkat kelembapan ruangan agar tetap normal sehingga mengurangi jumlah tungau.

Adanya sistem pertukaran udara yang baik di rumah, pembersihan secara rutin, dan penggunaan dehumidifier yang tepat akan meningkatkan kesehatan lingkungan rumah Anda secara signifikan sehingga Anda dan keluarga akan terhindar dari kemungkinan penyakit akibat kontak dengan tungau debu.

  1. Perlindungan rumah

Kelembapan dapat berdampak negatif pada struktur rumah Anda. Seiring waktu, uap air dapat memengaruhi permukaan kayu, balok penyangga, dan furnitur. Jamur juga dapat menyebabkan degradasi permukaan dinding dan karat pada sambungan (fitting). Dengan menggunakan dehumidifier, Anda akan melindungi diri dan properti Anda.

  1. Meningkatkan kenyamanan

Kelembapan yang tinggi mengurangi kenyamanan rumah Anda. Anda cenderung merasakan suhu ruangan menjadi lebih hangat atau lebih dingin dari yang seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi energi yang lebih tinggi untuk pemakaian pemanas atau pendingin ruangan. Untuk membantu pengoperasian AC yang efisien, penggunaan dehumidifier adalah solusi yang tepat bagi Anda.

  1. Mobilitas dan kenyamanan

Dehumidifier portabel memungkinkan Anda untuk memurnikan udara di ruangan-ruangan lain di rumah Anda sesuai dengan kebutuhan. Portabilitas dan kenyamanan penggunaan alat dapat menjadi bahan pertimbangan untuk jangka panjang, terutama jika Anda berencana pindah rumah, dehumidifier portabel dapat dipindahkan dengan mudah tanpa harus membongkar unitnya. 

  1. Desain yang stylish dan pengoperasian yang senyap

Desain dehumidifier modern yang compact, praktis dan keren dapat dipadukan dengan interior apa pun. Selain itu, peralatan elektronik serbaguna ini bekerja tanpa mengeluarkan suara, sehingga Anda bahkan tidak menyadari bagaimana alat ini bekerja menjaga kesehatan Anda di balik layar. Penggunaan dan pemeliharaannya juga sangat mudah, dan beberapa model sudah memiliki kontrol Wi-Fi untuk kenyamanan pengguna.

Tentu saja, tingkat kelembapan yang terlalu rendah juga bisa menimbulkan masalah di rumah. Jika kelembapan rumah Anda terlalu rendah, penghuni rumah mungkin akan merasakan tenggorokan dan kulit kering, dan lebih rentan masuk angin, terutama selama musim kemarau. Seperti halnya kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan kondensasi yang merusak struktur rumah, udara yang terlalu kering juga dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan. Udara yang kering dapat merusak lantai kayu, drywall, dan furnitur.

Sebelum Anda mempertimbangkan untuk membeli dehumidifier, Anda harus memastikan bahwa model yang Anda pilih memenuhi kebutuhan ruangan tempat Anda akan menggunakannya.